meyakinkan atasan

Kunci Meyakinkan Atasan

Dulu saya orangnya kalo gak seneng sama pendapat, mending diem aja dan menghindari konflik. Tapi, ketika masuk ke dunia kerja saya pun mengurangi hal tersebut. Saya selalu berusaha untuk memberikan pendapat lain atas sebuah keputusan, baik dari atas ataupun bawah. Tapi kenyataannya menyampaikan pendapat pun gak mudah, kadang atasan ngerasa bener sehingga pendapat kita selalu ditolak.

Hingga sejak tahun lalu saya mulai belajar bagaimana menyampaikan pendapat dan cara meyakinkan atasan. Menurut saya semua atasan sama kok, hanya butuh alasan yang jelas kenapa pendapatmu harus dipertimbangkan.

Misalnya, saya pernah ingin membuat sistem e-mail yang baru. Sedangkan, untuk menjangkau audiens yang luas perlu invest cukup banyak setiap bulannya. Yang saya lakukan adalah saya coba kasih tau apa rencana long term (invest buat email marketing) dan short term (coba apakah efektif pake yang free trial dulu). Ketika data selama free trial menunjukan efektif, atasan pun jadi lebih percaya buat invest ke long term.

The key of convincing your boss is to use the data. Buat bosmu percaya kalo opinimu berdampak positif ke perusahaan. Saya pun merekomendasikan dulu rencana short term dan long term-mu sebelum bertindak lebih jauh. Selamat mencoba!

Baca edisi lainnya: #31HariMenulis

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of