merutinkan kegiatan

Cara Merutinkan Kegiatan

Di tulisan sebelumnya saya pernah menyinggung kegiatan yang bisa saya buat jadi kebiasaan, seperti berenang, mencatat keuangan, meditasi, hingga belajar Bahasa Prancis. Memangnya gimana sih cara membuat suatu aktivitas jadi kebiasaan tanpa beban? You need the trigger.

Ada dua pemacu yang saya jalankan, pertama karena kepepet. Kedua karena aktivitas lainnya. Karena kepepet seperti berenang dan mencatat keuangan. Saya berenang karena sakit dan mencatat keuangan karena ingin menabung untuk travelling.

Kedua, karena aktivitas lainnya. Misalnya, saya setiap pagi (sebelum Ramadhan) selalu menyempatkan nonton berita, karena ada aktivitas lainnya (sarapan) jam 7 pagi. Jadi karena ada aktivitas wajib (sarapan), saya bisa melakukan aktivitas lainnya seperti nonton berita dan meditasi. Karena waktu satu jam menurut saya terlalu sedikit untuk bermain game atau buka laptop.

Menurut saya untuk membuat kebiasaan baru kamu harus mencari trigger yang tepat. Ada teman saya yang sering masak di pagi hari karena ada waktu kosong sebelum berangkat ngantor. Yang terpenting, jadikan aktivitas tersebut rutin selama seminggu, sehingga lebih mudah untuk menjadikannya jangka panjang.

Baca edisi lainnya: #31HariMenulis

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of