menuju bandara YIA

Cara Menuju Bandara YIA dari Kota Jogja

Mulai 29 Maret 2020, semua penerbangan dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dialihkan ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo. Bandara baru ini pun tidak semudah menuju Adi Sucipto karena jarak yang sangat jauh.

menuju bandara YIA
Bandara YIA tampak depan

Ada beberapa opsi transportasi menuju bandara YIA dari Kota Jogja. Selain menggunakan kendaraan pribadi dan taksi, karena harganya bisa cukup mahal. Ada tiga opsi yang bisa digunakan untuk menuju bandara YIA, yaitu kereta api bandara, Shuttle SatelQu, dan bis Damri.

Pertama, menggunakan kereta api bandara YIA. Dari Kota Jogja kamu bisa naik kereta bandara dari Stasiun Tugu Yogyakarta. Tapi, kalo pake kereta kamu hanya bisa sampai di Stasiun Wojo, karena stasiun menuju bandara belum jadi. Dari Stasiun Tugu ke Stasiun Wojo kamu hanya perlu membayar 15.000 selama promo. Tapi sepertinya mulai April 2020 harganya akan menjadi normal ke 60.000 rupiah. Sejauh ini tiket kereta api Bandara hanya bisa dibeli langsung di stasiun ya. Kecuali prameks yang bisa dibeli dari aplikasi. Jadwal kereta bandara bisa dicek di sini.

Opsi yang lebih murah kamu bisa menggunakan Kereta Prameks dari Lempuyangan atau Tugu ke Stasiun Wojo hanya dengan membayar 8 ribu rupiah. Dari Stasiun Tugu ke Stasiun Wojo menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Sesampainya di Stasiun Wojo, kamu bisa naik shuttle Damri seharga 20 ribu untuk ke Bandara YIA. Waktu yang ditempuh sekitar 10 menit dari stasiun ke Bandara YIA.

menuju bandara yia
Jadwal kereta menuju Stasiun Wojo

Karena belum ada kereta langsung ke YIA, menggunakan kereta meskipun cepat dan lebih murah (selama promo), kamu harus berpindah-pindah. Tentu akan ribet kalo barang bawaanmu banyak.

Opsi kedua adalah Bis Damri. Menggunakan damri menuju Bandara YIA ada banyak pilihan tempat. Tempat yang sering bis-nya adalah Sleman City Hall dan Pool Damri di Banguntapan. Pengalaman saya menggunakan damri menuju bandara YIA dari mall galleria pukul 6 pagi. Setelah dari mall galleria, damri akan menuju ke hotel limaran dan hotel inna garuda. Selanjutnya akan langsung menuju bandara YIA dengan waktu sekitar 1.5 jam.

menuju bandara yia
Jadwal Damri Yogya-YIA

Untuk armada yang digunakan bukan bis ya, tapi shuttle Hiace. Jadi, kalau barang bawaan banyak perlu dipertimbangkan lagi. Tiket damri bisa dibeli dari aplikasi, pool, atau resepsionis hotel (Inna Garuda). Biaya yang perlu dikeluarkan 70.000, tapi langsung sampai di Bandara YIA.

menuju bandara yia
Damri berangkat dari Mall Galleria

Opsi ketiga adalah Shuttle SatelQu. Dengan armada yang sama seperti Damri, harganya pun juga 70 ribu rupiah menuju ke Bandara YIA. Dibandingkan dengana Damri, SatelQu menjangkau lebih banyak tempat. Terutama hotel-hotel yang cukup terkenal. Pemesanan tiket bisa langsung melalui website, RedBus, atau whatsapp.

menuju bandara yia
menuju bandara YIA
Jam keberangkatan SatelQu

Baca Juga: Itinerary Jalan-jalan ke Malang

Begitulah cara menuju Bandara YIA dari kota Jogja. Kalau kamu berangkat pagi, usahain beli makan dulu ya. Karena di Bandara YIA waktu saya ke sana belum ada tempat makan. Hanya ada indomaret dan sejenisnya. Kalo terpaksa bisa sih makan onigiri tapi gak terlalu kenyang. Selamat berpetualang!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of