mengatur keuangan

Hal Terpenting dalam Mengatur Keuangan

“Aduh, duit dah abis aja. Padahal gajian masih 4 hari lagi nih.”

Familiar sama kalimat tersebut? Bisa jadi kamu sendiri yang mengalami atau teman dekat. Kenyataannya, hal itu emang sulit dihindari kalo kamu tidak mengerti hal terpenting dalam mengatur keuangan: mencatat.

Seberapa sering pun kamu menabung, ketika pengeluaranmu tidak tercatat, tabunganmu bisa jadi akan habis dengan sendirinya. Seberapapun ahlinya kamu investasi, bisa jadi di akhir bulan uangmu habis karena investasi terus-terusan.

Karena itu dalam mengatur keuangan yang paling fundamental adalah mencatat. Berapa pengeluaran harian dan bulananmu. Dari catatan tersebut kamu bisa mengira-ngira di bulan selanjutnya kamu akan habis uang berapa banyak. Terdengar mudah, ya. Apakah prakteknya semudah itu? Tentu tidak.

Saya pun butuh waktu lama untuk menjadikan mencatat pengeluaran jadi habit. Saya mulai menggunakan aplikasi Money Lover sejak tahun 2017. Bulan pertama masih rajin mencatat. Bulan berikutnya? Hampir 3 bulan tidak tercatat. That’s because I haven’t found the urgency to do that.

Di awal-awal saya masih mencatat per pos pengeluaran, bikin mencatat makin kompleks. Hingga tengah tahun lalu saya menemukan formula terbaik: Pos pengeluaran diminimalisir agar mempermudah mencatat. Posnya saya bagi ke beberapa yang major: restoran, belanja, transportasi, kosan.

Terus, apa yang membuat saya rajin mencatat? Hemat uang karena ingin travelling. Alasan yang tidak terlalu penting memang, tapi menurut saya untuk menjalankan sesuatu, kita harus memiliki alasan yang kuat. Always remember your reason if you doubt what you do.

Baca edisi lainnya: #31HariMenulis

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of