Kampanye di Instagram para pasangan calon gubernur Pilkada DKI 2017

Kampanye Via Instagram yang Bisa Dipelajari dari Pilkada DKI 2017

1. AHY-SYLVI

Meskipun pasangan ini tidak begitu impresif di media sosial, yang dilakukan AHY dalam branding memang patut diacungi jempol.

Kampanye yang dilakukan biasanya melibatkan akun pribadi AHY yang sering kali bercerita. Karena nyatanya, bercerita merupakan content marketing yang bisa selalu engage dan terkadang menyentuh sisi humanis seorang manusia.

Gebrakan yang pertama ketika Hari Ibu pada 22 Desember.

Video Hari Ibu oleh AHY

AHY secara emosional membagikan video kenangan dan ucapan terima kasih yang dia buat khusus untuk ibunya, Ani Yudhoyono.

Dari situ dapat dilihat, tidak sedikit audiens yang akan tersentuh. Karena sekali lagi, ketika audiens sudah tersentuh secara perasaan, akan sulit untuk melupakannya. Itulah tujuan AHY. Menyentuh perasaan para anak dan ibu-ibu di luar sana agar selalu teringat dengan AHY, dan keluarga Yudhoyono.

Ada asumsi lain, sih, tentang video ini. Apakah AHY menggunakan Ibu Ani sebagai pendongkrak popularitasnya? Ibu Ani yang merupakan mantan Ibu Negara, pasti dikenal semua orang. Lalu, apakah AHY menggunakan itu untuk mendongkrak popularitasnya? Siapa yang tahu?

Selanjutnya, AHY acap kali menunggangi momen.

 

Foto yang diunggah pada 28 Oktober, ketika virus #Dabstyle sedang tren.

AHY menggunakan Dab style yang sedang booming sebagai salah satu kampanye. Terdengar sepele memang. Tapi kalau saya bilang jumlah like dan comment di postingan tersebut dua kali lebih banyak dari biasanya, bagaimana? Ini buktinya.

Komparasi jumlah engagement sebelum dan sesudah foto Dab style. Jumlah like dan comment postingan Dab lebih banyak dua kali lipat.

Dari sini bisa dipelajari bahwa story telling dalam content marketing memang penting. Bagaimana orang Indonesia akan dengan mudah terpengaruh ketika konten yang disampaikan “dia banget” ataupun menyentuh. Bisa liat Hipwee sebagai refleksi.

Selain itu, menggunakan momen yang sedang tren, bahkan menungganginya merupakan ide bagus. Karena dengan ikutnya Anda di arus tren tersebut, nama Anda juga akan ikut melambung dan sangat dicari-cari publik.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Pinto Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Pinto
Guest
Pinto

mantap bosque, analisa yang menarik dari perspektif brand