jalan jalan ke malang

Jalan-Jalan ke Malang: Itinerary 3 hari

Hari Ketiga – Jalan-jalan ke Malang

Tur Bromo dimulai! Untuk menuju ke Bromo, saran saya sih menggunakan tur biar menggunakan Jeep karena jalur yang sangat menanjak. Bahkan di jalan saya melihat mobil Jazz mogok karena tidak kuat. Tur Bromo beragam, ada yang berangkat jam 12 atau 1 malam. Kemarin pun saya berangkat jam 1 Malam dari homestay. Tentunya kami tidur terlebih dulu sekitar 2 jam biar gak terlalu capek.

Kemarin saya menggunakan jasa tur Kolem, dengan harga 250 ribu untuk 6 orang. Tur Kolem ini pun saya pilih karena harganya yang lebih murah jika dibanding yang lain dengan destinasi yang serupa. FYI, satu jeep itu muat 6 orang ya. Sebenernya muat aja untuk 7 orang tapi satunya duduk di bawah haha.

Destinasi pertama saya adalah Puncak Penanjakan untuk melihat sunrise. Dari Malang, untuk menuju ke Bromo waktu yang dibutuhkan itu sekitar 2.5 jam. Sesampainya di sana pun ternyata dingin banget. Padahal, karena musim hujan suhu hanya 12 derajat. Gimana kalo musim kemarau kayak Agustus yang bisa sampe -4 derajat? Mati beku kali ya di atas haha.

Karena musim hujan juga, kami pun gak dapat sunrise. Kabut semua. Ada 3 spot untuk melihat sunrise di Bromo; Bukit Cinta, Bukit Kingkong, dan Puncak Penanjakan. Ketiganya gak terlalu jauh kok, hanya berjarak 5 menit naik mobil. Paling tinggi adalah Penanjakan dengan ketinggian 2800an mdpl. Saya pun kemarin sunrise di Puncak Penanjakan. Padahal gak libur panjang, tapi tetep aja penuh orang.

Jalan jalan ke Bromo
Sunrise di Gunung Bromo

Ada satu spot sunrise yang tidak terlalu populer, B29. Spot ini sangat jauh dari Penanjakan. Untuk menuju ke sana dari Kota Malang dibutuhkan waktu sekitar 6 jam karena jalannya yang mengitari daerah Bromo. Spot tersebut pun diberi nama B29 karena ketinggiannya 2900 mdpl.

Kami turun dari bukit penanjakan sekitar jam 6 menuju ke destinasi selanjutnya, Bukit Widodaren. Perjalanan menuju ke sini pun sekitar 20 menit, turun ke bawah di sekitar Gunung Bromo. Bukit Widodaren adalah bukit yang kamu lihat secara jelas ketika sunrise. Bukit ini tidak bisa dinaiki, jadi banyak yang menggunakannya hanya sebagai background foto.

jalan jalan ke Malang
Bukit Widodaren Bromo

Tidak jauh dari sana, kamu akan menuju ke parkiran jeep. Dari parkiran ada dua destinasi terdekat, Pura Luhur dan Kawah Bromo. Dari parkiran menuju Pura Luhur, menghabiskan waktu sekitar 10 menit berjalan kaki. Saat saya berkunjung sayangnya Pura Luhur ditutup, mungkin karena sedang ada perbaikan.

Jalan jalan ke Malang
Pura Luhur Bromo
Jalan jalan ke Malang
Di kawasan Bromo kamu bisa menyewa kuda sampai dekat kawah

Selanjutnya kamu bisa menuju ke Kawah Bromo. Perjalanan menuju ke sana cukup jauh, sekitar 25 menit berjalan kaki menanjak. Karenanya, ada banyak kuda yang bisa kamu naiki dari parkiran untuk menuju ke dekat puncak. Biaya yang perlu kamu keluarkan adalah minimal 100 ribu untuk ke atas. Kami pun kemarin menaiki kuda hanya untuk foto haha dan membayar 20 ribu saja.

jalan jalan ke Malang
Jalan menuju ke puncak penuh dengan pasir
jalan jalan ke Malang
Tangga menuju Kawah Bromo

Jika kamu menaiki kuda, kamu akan sampai di tangga sebelum menuju kawah. Kalau tidak salah, ada 300an anak tangga menuju ke atas. Karena tangganya kecil, kamu perlu antri untuk naik ke atas. Di atas kamu akan melihat kawah dengan belerangnya. Untuk yang takut ketinggian, hati-hati aja ya karena ujung kawahnya gak terlalu lebar, hanya cukup 4 orang saja.

Jalan jalan ke Malang
Kawah Bromo dengan bau yang cukup menyengat
jalan jalan ke Malang
Kawasan Bromo dilihat dari atas

Ketika turun dari kawah pun terasa singkat. Setelah kembali ke parkiran, kamu akan menuju ke destinasi selanjutnya, Pasir Berbisik. Kenapa berbisik? Karena pasir-nya membentuk seperti ombak. Sayang sekali ketika saya berkunjung bentuk ombaknya tidak sempurna. Tapi, kamu masih bisa foto-foto dengan background yang cukup bagus kok. Dari sini juga kamu bisa melihat puncak B29.

Jalan jalan ke Malang
Pasir Berbisik Bromo

Destinasi selanjutnya adalah Bukit Teletubies. Dari Pasir Berbisik menuju ke sini, kamu akan melihat pemandangan bukit-bukit indah seperti di New Zealand. Pemandangan itu juga jadi favorit saya ketika berkunjung ke Bromo.

jalan jalan ke Malang
Perjalanan menuju bukit teletubbies seperti di New Zealand
jalan jalan ke Malang
Bukit teletubbies Bromo

Ketika sampai di Bukit Teletubies, kamu akan melihat bukit hijau seperti di film teletubies. Ada juga teletubies yang bisa kamu ajak foto. Bukit Teletubies ini juga jadi destinasi terakhir dari tur Bromo.

Sebenernya, ada air terjun yang sempat direkomendasikan oleh driver. Ketiganya adalah Coban Pelangi, Coban Bidadari, dan Coban Trisula. Sayangnya karena kemarin waktunya tidak cukup, kami pun tidak berkunjung ke sana.

Kami pulang dari Bromo sekitar jam setengah 11. Waktu menuju ke Kota Malang pun lebih singkat, hanya sekitar 2 jam. Karena lapar, kami pun langsung menuju ke Soto Ambengan yang berada di pusat kota. Dengan harga yang cukup murah, soto ini memang cukup terkenal di Malang. Ada opsi kuliner lain yang bisa kamu coba, yaitu Bakso Presiden. Di sini kamu akan merasakan sensasi makan tepat di pinggir rel kereta.

jalan jalan ke Malang
Soto Ambengan Malang yang cukup terkenal

Kamu bisa kembali ke homestay dan check out. Setelah itu kamu bisa berkunjung ke Jodipan Village atau kampung warna-warni. Saya pun kemarin tidak sempat berkunjung ke sini karena sore hari hujan. Kamu pun bisa melihat langsung kampung ini dari kereta ketika sudah dekat Stasiun Malang.

TOP TIPS:

  • Bawa pakaian sehangat mungkin di Bromo. Kalau bisa bawa juga sarung tangan dan tutup kepala.
  • Bawa makanan secukupnya untuk sarapan karena harga makanan yang lumayan mahal.
  • Siapkan uang 4 ribu untuk pergi ke toilet

Begitulah itinerary selama 3 hari 2 malam selama jalan-jalan di Malang dan Batu. Semua wisata di atas pun termasuk wisata paling populer di Malang. Jika kamu punya waktu lebih, kamu bisa mengambil tur untuk ke Banyuwangi, melihat Kawah Ijen dan Baluran. Selamat berlibur!

Baca Juga: Jalan-jalan ke NTT: Wisata di Kupang

15
Leave a Reply

avatar
5 Comment threads
10 Thread replies
6 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
6 Comment authors
ana novitaRisaYuli Noor AlfianiTikafauziananta1 Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
immi
Guest
immi

Mba, nanya dong
kalau grab car dari malang ke batu abis berapa ya?

Tika
Guest
Tika

Wisata ke bromo kira2 kids friendly ga? Ada yg bawa balita kah?

Yuli Noor Alfiani
Guest
Yuli Noor Alfiani

Kak, bisa minta CP sabrina homestay yang bisa kami hubungi kak?,

Risa
Guest
Risa

Kak, kalo mau ke museum angkut enaknya turun stasiun mana ya di Malang?

ana novita
Guest
ana novita

Bang ada ig ga bang, enaknya ke bromo pas d awal apa pas d akhir ya bang