jalan jalan ke malang

Jalan-Jalan ke Malang: Itinerary 3 hari

Hari Kedua – Jalan-jalan ke Malang

Di Hari kedua, tujuan pertama adalah Jatim Park 2. Kami pun memilih Jatim Park 2 karena adanya kebun binatang. Jatim Park sendiri ada 3, Jatim Park 1 ada wahana anak-anak kecil dan Jatim Park 3 wahana kekinian. Karena Jatim Park 2 buka jam 10, kami pun berangkat jam 8 menuju Kota Batu untuk sarapan lebih dulu di Warung Sidik . Warung ini cukup terkenal di Batu, dengan Rawon yang enak meskipun harga yang sedikit mahal.

Jalan jalan ke Malang
Warung Sidik di Batu sangat terkenal

Destinasi selanjutnya adalah Jatim Park 2. Dari Warung Sidik, kamu hanya perlu jalan kaki sekitar 5 menit kok. Ada dua pilihan tiket untuk masuk ke Jatim Park 2, dua destinasi (Batu Secret Zoo + Museum Satwa) seharga 120 ribu atau 3 destinasi (+Ecology Park) seharga 150 ribu. Saya pun kemarin memilih dua destinasi, karena tahun 2015 saya pergi ke Ecology Park isinya tidak terlalu menarik buat saya pribadi.

Jalan jalan ke Malang
Diskon masuk Jatim Park 2

Tapi sekarang di Ecology Park ada penguin. Mungkin jadi salah satu strategi juga biar orang tertarik berkunjung ke sana. FYI, jika kamu membawa teman orang asing, kamu bisa mendapatkan diskon sebesar 20% dengan membeli tiket di kantor marketing Jatim Park yang berada di dekat loket. Syaratnya hanya perlu menunjukan paspor. Ada juga diskon jika kamu membeli tiket melalui Traveloka sebesar 5%.

jalan jalan ke Malang
Tampak depan Museum Satwa Jatim Park 2

Jika kamu membeli tiket dua destinasi, pertama kamu bisa berkunjung ke Batu Secret Zoo. Tempat ini pun jadi favorit saya, karena binatang yang lengkap. Berbeda dengan Bonbin di Jogja yang tidak ada singa. Di sini juga ada pertunjukan Singa laut di jam-jam tertentu serta gratis memberi makan beberapa binatang di jam tertentu juga. Di dalamnya juga ada beberapa wahana seperti Tsunami, bom-bom car, hingga rumah hantu. Sayangnya, tidak ada hewan laut seperti lumba-lumba atau gurita.

Jalan jalan ke Malang
Salah satu binatang di Batu Secret Zoo

Setelah keluar Batu Secret Zoo, kamu bisa langsung berkunjung ke Museum Satwa. Di sini banyak patung-patung satwa, baik yang langka ataupun sudah punah. Kekurangannya di sini adalah tidak adanya teks Bahasa inggris, hanya Bahasa Indonesia. Adanya aplikasi khusus yang bisa memberi penjelasan tambahan pun jadi nilai tambah.

jalan jalan ke Malang
Interior Museum Satwa

Wisata lain yang terkenal, yaitu Museum Angkut, termasuk ke Jatim Park 2.  Tapi, tempatnya berbeda. Ada gedung sendiri yang cukup jauh dari sini. Saya pun menyarankan jika ingin berkunjung lebih baik di hari sebelumnya karena waktu yang tidak akan cukup untuk mengunjunginya sekaligus. Harga tiket masuk ke Museum Angkut adalah 100 ribu.

Di malam hari, kamu bisa berkunjung ke Batu Night Spectacular (BNS). Di sini ada banyak wahana seperti pasar malam, dengan tiket masuk seharga 40 ribu saat weekend.

jalan jalan ke Malang
Bianglala di Alun Alun Batu

Jika tidak, kamu bisa berkunjung ke Alun-Alun Batu. Alun-alun ini berbeda dengan Kota Malang karena lebih ramai dan ada juga Bianglala seharga 5 ribu. Kamu juga bisa mencoba kuliner paling terkenal di Batu, yaitu Pos Ketan Legenda. Saya pun sudah dua kali berkunjung ke sana dan memang recommended. Saran saya jika ingin berkunjung ke sini datang jam 6. Jika lebih malam, antriannya akan panjang sekali.

jalan jalan ke Malang
Pos Ketan Legenda di Batu

Di sekitar alun-alun juga banyak sekali kuliner yang bisa kamu coba. Sekalian menikmati malam yang dingin di Batu.

Perjalanan ke Bromo di hari terakhir saya tulis di halaman selanjutnya.

5
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
3 Thread replies
2 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
Tikafauziananta1immi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
immi
Guest
immi

Mba, nanya dong
kalau grab car dari malang ke batu abis berapa ya?

Tika
Guest
Tika

Wisata ke bromo kira2 kids friendly ga? Ada yg bawa balita kah?