12 Hari Backpacking ke Lombok dari Jogja

Day 4 (2 Agustus)

Hari keempat sekitar jam 10 kita check out buat balik ke Lombok. Ada 2 opsi untuk balik ke Lombok, fast boat Cuma 10 menit dengan harga 100 ribu dan kapal biasa 30 menit dengan harga 20 ribu. Jelas pilih kapal biasa dong karena menghemat haha

Pantai Tebing Lombok Utara

Akhirnya kita sampe lagi di Bangsal dan langsung balik ke resort Senggigi. Hari ini rencana kita ke daerah Lombok Utara dan cuma 2 destinasi. Destinasi pertama adalah Pantai Tebing. Pantai ini cukup jauh, sekitar 1.5 jam dan gak terlalu recommended karena gak ada apa-apa. Di sini juga hanya bayar parkir 5 ribu.

Air Terjung Gangga Lombok

Selanjutnya kita ke Air Terjun Gangga. Karena kita belom pernah masuk air, kita berenang di sini. Pas banget juga udah sore dan airnya mulai dingin jadi enak. Air Terjun Gangga ini masih di Lombok Utara, sekitar 45 menit dari Pantai Tebing. Setelah itu, kita balik resort untuk istirahat.

Day 5 (3 Agustus)

Hari ini kita masih lanjut ke daerah Lombok Utara, yaitu Kawasan Rinjani. Tujuan pertama adalah Sembalun. Sebenernya ke sini karena awalnya liat fotonya bagus. Eh ternyata kalo mau ke sana harus naik bukit sekitar 4 jam. Ya, akhirnya kita udah jauh-jauh ke sini cuman makan bakso aja. Ya seenggaknya atmosfernya enak lah di dataran tinggi. Perjalanan ke daerah sini dari Mataram sekitar 1.5 jam.

Karena gak dapet apa-apa, sekitar jam 2 kita langsung ke Air Terjun Tiu Keleb. Air terjun ini sebenernya ada 3 air terjun, Tiu Keleb, Sendang Gile dan Mangku Kodeq. Jadi untuk ke Mangku Kodeq, harus lewatin Tiu Keleb dan Sendang Gile lebih dulu. Tapi, kita cuma mentok sampai Sendang Gile karena Mangku Kodeq terlalu jauh jalannya.

Air Terjung Sendang Gile

Selanjutnya kita mampir sebentar ke Air Terjun Mangku Sakti. Gak terlalu jauh kok dari Air Terjun Tiu Keleb. Semua air terjun ini di kaki Gunung Rinjani, jadi dekat situ juga ada pos pendakian Rinjani kalo ada yang ingin naik.

Day 6 (4 Agustus)

Hari keenam kita ke Pulau Kenawa di Sumbawa. Kita pun berangkat pagi, sekitar jam 7 karena harus ke Lombok Timur dulu dan nyeberang ke Sumbawa. Untuk nyeberang, kita harus ke Pelabuhan Kayangan di Lombok timur, sekitar 2 jam dari Mataram. Untuk nyeberang, biaya naik kapal feri hanya 17 ribu dengan waktu sekitar 2 jam untuk ke Pelabuahan Poto Tano di Sumbawa.

Pelabuhan Poto Tano Sumbawa

Kita sampe di Poto Tano Sumbawa sekitar jam 12 siang. Sumbawa panas banget, apalagi jam 12 siang itu silau banget. Dari Poto Tano kalo mau ke Pulau Kenawa perlu nyeberang lagi naik kapal kecil. Di Pelabuhan ada banyak kok kapal kecil yang emang tujuannya buat ke Pulau Kenawa. Waktu itu kita berenam dapet 200 ribu untuk pulang pergi. Lumayan murah lah.

Di Kenawa kita emang berniat untuk bermalam. Di Kenawa gak ada listrik dan sinyal juga susah, jadi suasana malamnya itu enak banget buat kontemplasi dan stargazing. Kita sampe di sana sekitar jam 3 dan eksplor Kenawa. Pulaunya gak besar kok, dan identik sama bukit di tengahnya. Saran saya sih berkunjung di tengah tahun ya, karena warnanya kering jadi masih bagus banget.

Kenawa yang kering

Sore di sana, kita snorkeling dong! Gak terlalu indah sih, tapi masih bagus kok karena emang jarang dikunjungi. Bahkan, pas kita di sana gak ada orang lain yang tinggal. Jadi, kita Cuma berenam dan serasa pulau milik sendiri haha.

Di Kenawa juga ada beberapa gazebo yang malem itu kita pake untuk tempat tidur. Jangan lupa bawa Autan dan sejenisnya, karena gazebonya terbuka dan banyak nyamuk juga. Kalo bisa juga bawa sarung biar gak kedinginan. Pokoknya Kenawa gak ada duanya deh!

Day 7 (5 Agustus)

Sekitar jam 8 pagi, kita pergi dari Kenawa untuk kembali ke Lombok. Kita sampe di Lombok lagi sekitar jam 11 siang dan langsung pergi ke destinasi selanjutnya yaitu Pantai Pink. Pantai Pink ini emang terletak di Lombok Timur dan jaraknya cukup jauh, sekitar 2 jam. Pantai Pink gak terlalu istimewa sih. Disebut Pantai Pink karena pasirnya pink. Tapi, pas kita ke sana, pink-nya agak pudar dan Cuma bulan-bulan tertentu pasirnya berwarna pink.

Pantai Pink di Lombok Timur

Kata warga lokal, pasirnya berwarna pink karena kikisan dari batu karang. Waktu itu sih Pantai Pink masih belum terlalu ramai ya, karena agak jauh juga. Mungkin sekarang udah rame karena orang-orang penasaran dengan pasir berwarna pink.

Tanjung Ringgit dan meriam

Selanjutnya kita ke Tanjung Ringgit yang gak terlalu jauh dari Pantai Pink. Sayangnya, Tanjung Ringgit juga gak terlalu bagus. Yang mencolok hanya meriam yang dulu dipake oleh orang Portugis untuk melawan Belanda. Sekitar jam 4 kita udah balik ke Mataram karena malem-malem bakal berbahaya.

Day 8 (6 Agustus)

Sebenernya di itinerary awal kita alokasiin satu hari untuk chillin aja sekalian istirahat dan harusnya hari ini. Tapi mendadak diajak oleh saudara buat snorkeling di Sekotong. Apalagi semuanya ditanggung, ya gak nolak dong haha.

Snorkling di Sekotong

Kita snorkeling di Sekotong mulai jam 2 sampe jam 5 sore. View-nya lumayan kok. Gatau kalo sekarang. Oh iya, untuk ke Sekotong itu perlu nyeberang juga walaupun gak lama hanya sekitar 15 menit. Pulau tempat kita snorkeling itu namanya Pulau Gili Kedis. Karena beberapa warga lokal rekomendasiin pulau tersebut di Sekotong. Abis itu kita pun langsung pulang karena besok kita udah balik Jogja.

Perjalanan pulang kami tempuh dengan cara yang sama dan menghabiskan waktu dua hari. Total dana yang kami habiskan selama 12 hari backpacking ke Lombok dari Jogja adalah 1.500.000. Sangat sedikit karena kita menekan penginapan dan motor sewa hanya satu.