keliling Asia Tenggara

13 Hari Keliling Asia Tenggara: Itinerary Part 1

Keliling Asia Tenggara sepertinya menjadi target para traveler karena mudah dan murah. Mudah karena gak perlu capek-capek ngurusin visa dan murah karena kurs-nya gak beda jauh sama Indonesia dan tiket pesawat yang relatif lebih murah dibanding keluar Asia Tenggara. Sebenernya, seberapa murah sih keliling Asia Tenggara?


Sebenernya ada beragam Negara yang bisa kalian pilih kalo pengen backpacking keliling Asia Tenggara. Tapi, menurut saya yang paling mudah ya beberapa Negara yang satu daratan, terutama di daratan Indocina, mulai dari Vietnam, Cambodia, dan sebagainya. Itu karena memilih Negara itu bisa lebih hemat karena gak harus make perjalanan udara yang notabene lebih mahal, kayak Filipina ataupun Malaysia bagian Serawak. Kamu bisa milih jalur darat, baik bus maupun kereta, yang notabene lebih murah.

Saya yang baru menyelesaikan kuliah dan punya sedikit waktu luang pun tertarik untuk backpacking keliling Asia Tenggara. Idenya dimulai dari ada beberapa temen yang kepikiran untuk traveling keliling Asia Tenggara yang membuat saya tertarik. Apalagi saya punya beberapa temen di Asia Tenggara yang bisa jadi β€œguide” di Negara yang asing bagi saya. Tapi, karena beberapa temen yang kepikiran untuk traveling itu orangnya sibuk, saya pun merencanakan trip ini sendiri. Mulai dari menentukan pilihan Negara yang ingin dikunjungi, jumlah hari, tempat yang ingin didatangi, sampe uang yang akan dihabiskan.

DESTINASI NEGARA

Pilihan saya pun akhirnya jatuh ke lima Negara, yaitu Singapore-Malaysia-Thailand-Cambodia-Vietnam. Lima Negara tersebut pun saya kunjungi dalam waktu 12-14 hari. Pemilihan Negara tersebut pun beralasan. Pertama, pemilihan Singapore-Malaysia-Thailand kayaknya gak perlu dijawab lah. Tiga Negara tersebut kayaknya jadi destinasi wajib traveler Indonesia kalo mau ke luar negeri karena terjangkau.Β  Milih Kamboja pun lebih karena tertarik untuk menikmati sunrise di Angkor Wat yang terkenal indah. (dan akhirnya kejadian) Pemilihan Vietnam lebih karena beberapa merekomendasikan Vietnam sebagai negara yang enak dan saya tertarik.

Kurang lebih pemilihan 5 negara itu karena beberapa traveler lebih sering ke Negara tersebut, jadi lebih gampang untuk riset. Selain itu juga waktu yang dimiliki gak banyak banget jadi menghindari Negara yang banyak tapi gak menikmati perjalanan.

Sebenernya ada beberapa opsi lain dalam memilih jalur yang diinginkan, karena selama perjalanan saya menemukan beberapa traveler asal Indonesia yang mengambil rute berbeda

  1. Malaysia-Thailand-Cambodia-Vietnam-Singapore

Pemilihan rute ini lebih ke ongkos perjalanan yang lebih murah. Karena jika kamu beruntung bisa dapet tiket Jakarta-Malaysia lebih murah dari Jakarta-Singapore. Selain itu, beberapa maskapai juga memberikan harga lebih murah dalam penerbangan dari Vietnam-Singapore karena banyaknya traveler dari Ho Chi Minh-Singapore dibanding ke Jakarta. Alasan lain sih karena uang, apalagi di Singapore gampang khilaf, jadi beberapa traveler memilih Singapore sebagai destinasi terakhir biar uang yang tersisa gak terlalu banyak gitu.

  1. Malaysia-Vietnam-Thailand-Cambodia-Malaysia-Singapore

Saya ketemu traveler asal Jogja yang mengambil rute ini. Ia mengambil rute ini karena dapet tiket promo dari Jogja-KL sebesar 300 ribu dan KL-Ho Chi Minh sebesar 300 ribu. Bandingin sama tiket Ho Chi Minh-Jakarta yang paling murahnya 900 ribu.

PRO TIPS:

Dalam memilih rute Negara, coba pikirkan beberapa opsi penerbangan gak cuman satu Negara. Misalnya, kota KL ataupun Bangkok yang sering jadi tujuan traveler sehingga sering banyak promo. Kalo misal dapet tiket promo, langsung aja beli tiketnya biar nanti rute perjalanan bisa menyesuaikan.

Kalo saya sih tetep milih rute SG-Malaysia-Thailand-Cambodia-Vietnam karena saya ingin menikmati Vietnam di akhir dalam waktu yang lebih lama dan ingin merasakan perbedaan budaya dan kebiasaan yang semakin hari semakin berbeda.

PEMILIHAN WAKTU

Setiap traveler beragam dalam pemilihan waktu. Ada yang ingin cepet-cepet pindah kota (biasanya sehari), ada yang ingin lama-lama di suatu kota karena nyaman dan ingin memahami lebih dalam kultur di kota tersebut. Pilihan saya pun akhirnya jatuh ke 13 hari berkeliling. Ada yang sehari satu kota, tapi ada juga yang satu kota empat hari.

Pilihan 13 hari pun lebih karena setelah menyelesaikan skripsi ingin refreshing sejenak tapi gak lama-lama karena banyak tanggungan lain yang harus diselesaikan. Begitupun kalo kamu udah kerja dan batas cuti hanya 14 hari, ya 10-12 hari mungkin pilihan yang tepat untuk traveling.

Untuk pemilihan bulan kalo bisa jangan pas high season kayak waktu liburan karena harga tiket pesawat pasti lebih mahal dan makin banyak turis, bikin kamu gak bisa nikmatin traveling. Selain itu juga jangan pilih waktu musim hujan seperti bulan November-Desember. Kalo saya sih kemarin beruntung cuman dapet hujan pas di Kuala Lumpur doang, lainnya matahari terik hehe

Beginilah itinerary umum saya. Jika ingin mengetahui itinerary awal saya sebelum berangkat, bisa letakan email di kolom komentar, nanti saya kirimkan.

DATA ITINERARY UMUM

[table id=Itineraryumum /]


NOTE:

Itinerary di atas adalah catatan perjalanan, itinerary persiapan saya tidak dilampirkan. Jika ingin melihat bisa tinggalkan e-mail di kolom komentar nanti saya kirimkan.

TOP TIPS:

Saran saya dalam menyusun itinerary harus jelas, bagaimana cara berpindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya, ataupun berapa tiket masuk ke tempat wisata. Selain itu jumlahkan semua uang yang akan dihabiskan karena sebelum berangkat kamu harus menukar mata uang ke money changer.

Dalam menukar uang selalu sediakan biaya tak terduga karena bisa aja ada hal yang terjadi di luar keinginanmu (seperti kejadian saya di Malaysia dan Thailand yang nanti akan saya ceritakan di artikel lainnya)

Selalu sediakan waktu satu hari untuk leyeh-leyeh dalam perjalanan biar gak merasa jenuh. Selain itu juga hal itu penting untuk tetap menjaga kondisi agar tetap fit selama perjalanan.

Tapi, itinerary hanya rencana. Buktinya gak semua itinerary yang saya susun di awal tidak terlalui semua karena selama perjalanan ada beberapa pilihan yang harus kamu pilih, misalnya saya yang bertemu warga lokal di Hatyai dan bertemu teman traveler dari Swiss di Kamboja. Menurut saya berbincang dengan mereka dan berbagi banyak hal lebih menarik daripada mengunjungi tempat wisata. Ataupun pertimbangkan faktor non-teknis lain seperti hujan ataupun bus yang bisa mogok di tengah jalan.

Video perjalanan saya selama keliling Asia Tenggara:

TEMPAT WISATA

Untuk membuat itinerary yang rinci pun diperlukan riset mendalam mengenai tempat wisata di kota tersebut. Berbeda jika kamu emang ingin spontan dan tidak merencanakan apapun, seperti kebanyakan traveler dari Eropa yang punya waktu dan uang lebih, jadi mereka berkunjung ke suatu Negara dalam waktu yang lama (biasanya 2 minggu atau lebih) dan tidak memiliki rencana. Modal mereka biasanya hanya buku Lonely Planet yang tebal untuk dibaca di jalan.

Tapi jika kamu tidak memenuhi kriteria di atas (memiliki waktu dan uang lebih) ada baiknya menentukan lebih dulu tempat yang ingin dikunjungi, selain agar perjalanan lebih terencana, menutup kemungkinan kena scam oleh warga lokal (terutama di Kamboja). Misalnya, telah riset harga tuk-tuk untuk berkeliling Angkor Wat seharian yang biasanya hanya 10 USD. Sedangkan banyak supir tuk-tuk yang menawarkan harga hingga 25 USD.

Dalam itinerary yang saya buat ini, saya ikut mencantumkan tempat yang tidak saya kunjungi namun saya rekomendasikan, beserta harga tiket masuk yang telah saya riset sebelumnya. Jika ingin men-download itinerary tempat wisata bisa klik sini.

TEMPAT WISATA:

[table id=wisata /]


TOTAL HARGA TEMPAT WISATA

[table id=hargawisata /]

Kurang lebih begitulah itinerary umum yang telah saya buat. Itinerary ini hanya part pertama, saya hanya mencantumkan harga dari tempat wisata. Untuk membaca part selanjutnya, silahkan klik link di bawah ini.

PART 2 – Transportasi

PART 3 – Makanan

PART 4 – Penginapan & Total Dana yang Dihabiskan

Kalo misal ada pertanyaan seputar itinerary, tips, ataupun berbagai hal lain yang berhubungan dengan travel di Asia Tenggara, bisa tanya lewat kolom komentar ya. Sebisa mungkin nanti saya jawab.

223
Leave a Reply

avatar
120 Comment threads
103 Thread replies
17 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
121 Comment authors
fauziananta1DhinarIntanFauziSiti Nurhayati Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Hijrauly
Guest
Hijrauly

Nice tips mas!

Edel
Guest

Detail bangat informasinya mas. Sukses terus ya…

Nova
Guest

Kok ketje sih 13 hari keliling 5 negara zi, fix bakal sering tanya kamu kalo mau backpaker lagi

Bara Anggara
Guest

whoaa, lumayan lengkap nih itinerarynya.. bisa dijadikan acuan pas keliling ASEAN nanti..

-Traveler Paruh Waktu

Tia
Guest
Tia

Wah mau ya versi lengkapnya di email..bisa jd guide nih klo emak2 macam saya mau plesirin 5 negara

Tere Tjong
Guest
Tere Tjong

Bro.. bisa tlg email yg itinerary nya sama hrg tiket masuk t4 wisata yg d kunjungi /tdk d kunjungi. Email: tere.tjong@gmail.com
Thanks b4 yaa

Hanna
Guest
Hanna

Ka fauzi bole minta list budget dri tiket ama pengeluaran dsna ga?kra kra mengeluarkan brp rupiah?sama itenary kk ..mksh ka

Hajiji
Guest

Keren Bro, boleh minta iteniry nya gk? kirim ke email w yah? sklian rute untuk ke malaysia – singapoer lwt jalur darat hehe. kebetulan nanti tgl 31 Mei – 5 Juni saya mau ke 2 negara. tahnks

Peter
Guest
Peter

Luarr biasa mas,, tolong ya email itin lengkapnya, salam Backpacker

Inas zahra
Guest
Inas zahra

Selamat malam mas,boleh dikirimi itinerary ke inas.zahra@yahoo.co.id? Terimakasih

Annisa R
Guest
Annisa R

Hi ka, mau nanya selama disana cuma mngdalkan wifi atau beli kuota ? trus kalo beli kuota kira” lebih baik beli 1 for all atau tiap negara 1 ya.
pernah baca katanya kalo di bangkok pesen grab nonya harus no lokal biar dia mau ngangkut -,-.
btw tulisannya ketje, itinnya rapihh, nyontek dikit ya hehe.

Rinj
Guest
Rinj

Mas klo naik busdr ho chi minh ke siem reap it pasti transit phnom penh dulu atau ada yg direct ya? Rencana beli tiket ke hcm plg dr pp

Emmil
Guest
Emmil

Mas. Mnt tlg dikirim itin lengkap ya. Matur suwun.

Selina
Guest
Selina

Salam kenal mas, saya boleh minta itinerarynya?
Terima kasih πŸ™‚

Pipit
Guest
Pipit

Sangat membntu, Bs email ittinx mas…thx before…

Hanif
Guest
Hanif

Gagaaaahhh
Saya minta itin dan total pengeluaran selama di 5 negara itu dong mas
Terima kasih

Gusti
Guest
Gusti

Mas, blh minta detail itin nya ke email saya agusti1008@gmail.com
Terimakasih..

Erna
Guest
Erna

Saya juga mas minta itin dan total biaya selama perjalanan. Makasi

Alfia
Guest
Alfia

Mas, blh minta detail itin nya ke email saya alfiaagustin6@gmail.com
Thankyou

ilhamsv
Guest
ilhamsv

mas sent itin boleh mas? sama total biaya, transportasi, dan selengkap-lengkapnya mas. mau jadiin pedoman buat perjalanan besok. makasi mas

Gustiarfan
Guest
Gustiarfan

bro boleh tolong send itinnya yg udh di send ? hehehe

hedi
Guest
hedi

mas, aku minta itin nya yaaa. makasih

Chika
Guest
Chika

Mantep penjelasannya kumpli
Share itin ke email aku ya kak
delvabzb@yahoo.com
Thx alot

aruna
Guest
aruna

kak, tolong share itin ke aku buat referensi liburan
makasih kak

Sandy Widayanto
Guest
Sandy Widayanto

Ane mau juga dong gan itinnya di email. Makasih gan.

sam
Guest
sam

keren nih infonya buat referensi…
bisa di tolong di kirim full itinerary + cost ke email, ditunggu ya Mas..
Terima kasih

Gustiarfan
Guest
Gustiarfan

keren broooo,kalo boleh bro pengen dong full itin + cost nya ke email brooo hehehe

Wildam
Guest
Wildam

Amit mas, mauuu tanyaaaa soal satan dan tempat apaa ajaa yg harus di kunjungi ketika di hatya buat kurun waktu 2 hari mnkin ada refrensih hehe insyallah besok sy mau ksana solo backpack, matur suwun

Kristina
Guest
Kristina

Luar biasa kak Fauzi, informasi sangat jelas. Saya berencana mau backpack asia tenggara. Bisa share itin nya , ini emailku: kristinawijaya1986@gmail.com
Terima kaskj Kak

Rahasia ah
Guest
Rahasia ah

sya mau nnya ni .
Rute perjlann ku . Jkt-singapor-KL-thailand-vitnam.

Nah prtanyaan sy it ap boleh sya kembali ke singpore pake jalur yg sama . Kya misal
Dari vietnam-thailand-KL-singapore-jkt . Nnti imigrasi di sana bgaimna , krna kluar masuk”
.
Oiya sya jg minta di krimin di email jg dong mas … hehe

Fau
Guest
Fau

Sangat bermanfaat! Saya berencana keliling SEA, boleh share itinerary kak? ini email saya : dustypinkjournal@gmail.com
Terima kasih

Umi Laila F.
Guest
Umi Laila F.

Terimakasih mas infonya. Saya juga mau minta itinerary dan total biaya selama perjalanannya ya mas πŸ˜€ Terimakasih banyak πŸ™‚

Mega
Guest
Mega

Mas, boleh share itinerary dan total costnya?
megauniki@gmail.com
Terima kasih πŸ™‚

Jennyfer
Guest
Jennyfer

Tulisannya detail.. Really helpfull utk sy yg plan mau keliling 5 negara itu semoga sy bisa secepatnya kesana..

Ririn Famur Wandes
Guest

Wah ini infonya cukup lengkap. KIra2 paling menarik negara mana mas?

Inna
Guest
Inna

Saya mau dong mas info detailnya
innsakinahmanik@yahoo.co.id

Erni
Guest
Erni

thanks udah share! sukses terus
boleh donk detailnya πŸ™‚

Erni
Guest
Erni

email ke devina.tandiana@gmail.com yaa β™₯

Helen
Guest
Helen

Infonya kerennnn…boleh minta diemail detail itinerarynya…thanks ya…

Eric
Guest
Eric

postingan yang menarik mas, saya ada waktu kosong sekitar 13 hari dan mau coba traveling seperti mas diatas. Bisa tolong di emailkan itin lengkap nya dari mulai tujuan, cost dll nya ya mas? terimakasih πŸ™‚

Eric
Guest
Eric
Rika
Guest
Rika
Megga Nurma W
Guest

Kak Fauzy, diemail detail itinerarynya
thanks ya,
sangat membantu sekali

elly
Guest
elly

kaka bisa minta detail itinerary nya… aku kepengen juli agustus bisa ngerasain ke 5 negara.

kalo ada yg mau bareng2 backpaker ala2 sederhana menuju gembel.. yuk..
WA 087883235856
txyou

vita
Guest
vita

bang di bandara suka di tanyain gk sih klo kita beli tiket keberangkatan doang. tapi gk beki tiket kepulanagn…oia waktu itu abang beli tiket pp langsung.. indo singapore .. sama vietnam indo

Nunik
Guest
Nunik

Mas kalau boleh kirim itin lengkapnya ya Terima kasih

Hay
Guest
Hay

Keren Mas!!! Salut bisa kejajah 5 negara dalam waktu yang cukup singkat hehehe boleh minta kirim full itin + fixed costnya via e-mail hiknurbayam@gmail.com ga? Terima kasih^^

chika
Guest
chika

Kakak keren banget mana rinci bgt penjelasannya :’))
aku mau dong kak dikirimin, tlg ya
yessicaningrum@gmail.com
Ini fix jd panduan aku buat jalan2 keluar for the 1st time

Nas
Guest
Nas

minta itin lengkapnya ke email muhammadnaser013@gmail.com dong mas πŸ˜€

Nas
Guest
Nas

minta itin lengkapnya ke email muhammadnaser013@gmail.com dong mas πŸ˜€ makasih sebelumnya

Gaung
Guest
Gaung

Kereen kk,
Kk aku mohon bantu krm sama saya jugak y kk buat jadi pedoman bt saya kk
gaungsetia@gmail.com
Trmksh kak

Devy
Guest
Devy

Mas, infonya lengkap dan menarik sekali. Bikin pengen segera backpacker 5 negara. Kalo boleh tolong diemail itin lengkapnya ke devy.andriana@gmail.com terima kasih

Intan
Guest
Intan

Mohon itynerary dan biaya perjalanannya ya pak